Selasa, 26 Agustus 2008

CARBON TRADING

Huf, akirnya gue lakuin juga apa yang udah gue janjiin. kayaknya sih dah lama gue mau posting ini. tapi gue males ngetik.

ehm, Carbon Trading=Perdagangan Karbon
Melalui perdagangan karbon, negara2 industri sebagai penyumbang terbesar emisi gas karbon dioksida, biang kerok pemanasan global bisa membayar suatu negara berkembang yang mampu mengupayakan pengurangan emisi karbon. dengan begitu, "dosa2 lingkungan" negara tersebut dianggap tidak ada atau berkurang.
Perdagangan karbon dilahirkan melalui perjalanan yang amat panjang. Adalah laporan para ilmuwan pada 1990 mengenai perubahan iklim yang telah memukul lonceng tanda bahaya bagi kehidupan umat manusia, dan mendesak agar dibentuk suatu kesepakatan global guna mengatasi perubahan iklim. dua tahun kemudian, disepakatilah konvensi PBB tentang perubahan iklim (United Nations Frameworks Convention on Climate Change/UNFCCC) yang tujuan pokoknya adalah menstabilkan konsentrasi gas rumah kaca (GRK) pada tingkat yang aman sehingga tidak mengganggu iklim global.
Berbagai paktapun diteken setelahnya. yang terpenting adalah pertemuan di Kyoto Jepang pada 1997. Perjanjian yang dikenal dengan Protokol Kyoto itu mewajibkan negara2 industri untuk mengurangi emisi GRK salah satunya karbondioksida sebanyak 5,2% di bawah kadar yang mereka lepas pada tahun 1990 dalam kurun waktu 5 tahun (2008-2012, yang disebut sebagai komitmen pertama).

MEMAHAMI PERDAGANGAN KARBON
Perdagangan karbon pada dasarnya adalah jual beli CER (certified emition reduction). Sertifikat yang mirip surat berharaga ini dikeluarkan oleh Badan eksekutif CDM (clean development mechanism) yang bernaung di bawah PBB. satu CER setara dengan pengurangan 1 ton karbondioksida ekuivalen dengan berkisar 5-15 dolar AS.

gue akuin ni belum seberapa dari penjelasan perdagangan karbon yang sebenarnya. Kalo mau liat ato tahu lebih jelas baca aja Naitonal Geographic edisi Maret 2007, kalo gag ya buka aja Ekologi atau Natgeo di link gue lalu buka dan baca sepuasnya deh, secara dalemnya make basa inggris.

1 komentar:

MONOKROM mengatakan...

HALLO SALAM KENAL...
TERUS TERANG SAYA BELUM PAHAM BETUL TENTANG CARBON TRADING, KARENA ITU SAYA PINGIN SEKALI MENGGALI PENGETAHUAN BARU TERSEBUT DARI BLOG TEMAN-TEMAN YANG LAIN. TRIMS!