Jumat, 20 Februari 2009

COAST (PANTAI LAUT)

merupakan tanah atau daerah yang berabatasan dengan laut, dalam hal ini daratan yang tidak terkena air laut. Tetapi istilah kust dalam bahasa Belanda dalam arti yang lebih luas ialah pantai laut atau suatu jalur daratan yang sebagian terdiri dari laut sebagian lagi terdiri dari daratan. Lebar jalur tersebut tidak tentu, juga garis batasnya tidak dapat ditetapkan dengan tepat.

Pantai Estuaria: pantai berbentuk seperti yang terdapat di pantai timur Inggris. Terjadi karena dataran rendah yang berbatasan dengan pantai mengalami pemerosotan.

Pantai Dalmatia: pantai seperti terdapat pada pantai Dalmatia di Laut Adriatik. Terjadi barisan-barisan pegunungan yang terletak paralel mengalami pemerosotan.

Pantai Ria: pantai seperti ini terdapat pada pantai barat laut Spanyol dan barat daya Irlandia. Terjadi karena tanah tinggi yang berbatasan dengan pantai mengalami pemerosotan.



Seperti yang tertera pada definisi di atas dapat disimpulkan bahwa tak satu pun pantai yang mengalami penaikan. Alasannya sangat simpel. Jika suatu pantai mengalami penaikan tentu saja aliran air malah berbalik (intinya air di sungai jadi gag ngalir ke laut).

Tidak ada komentar: