Jumat, 20 Februari 2009

TITRASI ASAM-BASA

Huah. Kemaren nih, kelas gue dapet giliran praktikum kimia yang titrasi asam kuat dengan basa kuat(HCl x M ma NaOH 0,1 M). Critanya gue ntu cinta ma kimia. Salh satu dari dua pelajaran yang bikin gue bath di IPA. hahaha.
Awalnya sih gue suntuk banget, gue rada marah2 ma teman2. Tipa kelompok tu ada 7 orang. walhasil gara2 gue males cari kelompok, di kelompok gue ada 6 cowok dan 1 cewek yaitu gue.
Gue bener2 males. Gue kira percobaannya bakalan sulit. Tapi ternyata menyenangkan euy. Bisa liat perubahan dai NaOH yang sebelumnya ditetesin Fenolftalein warnanya jadi merah muda gara2 basa, setelah dititrasi jadi gag berwarna. Keren pokoe.
Tapi eh tapi, ada beberapa kejadian yang sorry aja menurut gue lucu.
Hingga dapat ditarik kesimpulan, saat praktikum titrasi ntu ada peraturannya:
  1. kita gag boleh mecahin buret karena harus ganti Rp 150.000,00. Intinya kalo kita lagi praktikum tu gag boleh maen2. Yang serius!
  2. kalo mau goyangin Erlenmeyer ntu kita gag perlu nunggu mpe HCl yang ada di buret netes dulu. yah gue ma temen2 dibikin ketawa gara2 Si Tedjo goyangin labunya pelan n hati2 banget. jahatnya.
  3. kancingkan jas praktikum. kemarin gue ngancingin jasnya pas praktikum dah selese. jadi gag ada gunanya.
  4. jangan turunin buret dari penyangga meski kamu gag nyampe ke corong karena berbahaya. buret bisa ja pecah pas kamu nurunin n kamu harus kerja 2x.
  5. jangan2 main2 ma kesimpulan yang bakal kamu bikin.
  6. kamu harus cinta kimia. hahahaha
  7. terakhir yang paling penting, jangan tarus fenolftalein ke buretnya karena gag ada gunanya.
Yang paling penting, gue sangat mengharapkan nilai kimia sebagi pendukung gue di IPA. ayo bangkit. gara2 seneng kimia, gue jadi pengen bikin senjata biologi. lhoh? tenang aja. ni gag ada sangkut pautnya ma sifat diktator gue.

Tidak ada komentar: